RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD.
10.2
SMP : SMP XXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / Genap
Standar Kompetensi : 10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk deskriptive dan
procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure.
Indikator : 1.Mengungkapkan berbagai informasi dalam
monolog berbentuk procedure.
2.
Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar.
3.
Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar.
4. Melakukan monolog dalam bentuk
prosedur.
Jenis
Teks : Teks prosedure
Tema
: How to make
something
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan
Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolong berbentuk procedure
b. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar
c. Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar
d. Melakukan monolog dalam bentuk procedure
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolong berbentuk procedure
b. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar
c. Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar
d. Melakukan monolog dalam bentuk procedure
B.
Materi Pemberlajaran
1.
Brainstroming dengan gambar


2.
Teks monolog berbentuk procedure
How
To Make Pancake
INGREDIENTS :
• 3 – 4 spoonful of flour
• 2 eggs
• 1 ½ (250 ml) of milk
• 1 stick of butter
MATERIALS :
• 1 mixing bowl
• 2 table spoons
• 2 cups
• 1 small pan
PROCEDURE :
a. Put
the flour in the bowl.
b. Put
milk in a cup.
c. Make
sure it's 250 ml of milk.
d. Put
the milk in the bowl.
e. Break
the 2 eggs into the bowl.
f. Mix
it with a spoon.
g. Heat
up the pan and put the butter
h. Put
the mix in the pan.
i.
Let the pancake mix cook about 5 minutes.
j.
Flip pancake over when the top is brown.
k.
Your pancake its ready to be served.
ü
Generic structure procedure text
1)
Goal
Berisi tujuan procedure teks yang akan
dicapai dalam teks prosedur, yaitu How To Make Pancake.
2)
Materials
Berisi peralatan dan bahan-bahan yang
akan digunakan untuk membuat Pancake, yaitu :
•
3 – 4 spoonful of flour
•
2 eggs
•
1 ½ (250 ml) of milk
•
1 stick of butter
•
1 mixing bowl
•
2 table spoons
•
2 cups
•
1 small pan
b.
Steps
Berisi langkah-langkah untuk membuat
pancake.
3.
Fungsi komunikatif teks prosecedure
Untuk memberikan
instruksi atau petunjuk mengenai cara membuat seuatu secara berututan.
4.
Kosa kata terkait tema/jenis teks
1)
Put
2)
Meat
3)
Heat
4)
Break
5)
Mixing
6)
Spoonful
7)
Butter
8)
Egg
9)
Milk
10) Cup
11) Small
pan
12) Flor,
dll.
5.
Ciri kebahasaan teks procedure
a.
Penggunaan sequences of event, first, second, then,
after that, finally, at last.
b.
Penggunaan conjunction, before, after, while.
c.
Penggunaan imperative sentences.
d.
Noun phrase.
C.
Metode Pengajaran
a. Diskusi
b. Presentasi
c. Pemberian
tugas
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
No
|
Kegiatan Guru
|
KegiatanSiswa
|
Waktu
|
1
|
Guru memberikansalamkepadasiswa
|
Siswamenjawabsalamdari guru
|
1 menit
|
2
|
Guru menayakankabarsiswa
|
Siswamenjawabdanmenanyakankabar guru
|
1 menit
|
3
|
Guru mengecekkehadiransiswa
|
Siswamenanggapi
|
3 menit
|
4
|
Guru menyajikangambartentang“how to make
something”
|
Siswamengamatigambar
|
3menit
|
5
|
Guru menayakankepadasiswaberkaitandengangambartersebut
|
Siswamenanggapi
|
3menit
|
2. Kegiatan
Inti
No
|
Kegiatan Guru
|
KegiatanSiswa
|
Waktu
|
1
|
Eksplorasi
|
||
a). Guru memberikan
sebuah teks procedure tentang “how to make pancake”
|
a). Siswa membaca dan memahami teks tersebut
|
4menit
|
|
b). Guru menyuruhsiswauntukmengungkapkan
informasi yang ada di dalam teks procedure
|
b). Siswa mengungkapkan
berbagai informasi dalam teks tersebut
|
5 menit
|
|
b). Guru menjelaskan kosa kata dan ciri kebahasaan
teks procedure “how to make pancake”
|
b). siswa memperhatikan dan memahami penjelasan guru
|
5menit
|
|
2
|
Elaborasi
|
||
a)..Guru menyuruh
siswa mencari teman untuk bekerja berpasangan
|
a). Siswa mencari
teman untuk bekerja berpasangan
|
5 menit
|
|
b). Guru menayangkan
sebuah video tentang how to make “a cup of tea”
|
b). Siswamemperhatikan dan
menyimak video tersebut.
|
5 menit
|
|
d). Guru menayanyakan
berbagai informasi yang ada di dalam video procedure tersebut
|
d). Siswa
mengungkapkan informasi yang ada dalam video tersebut
|
5 menit
|
|
e). Guru memberikan soal terkait
dengan procedure text.
|
f). Siswa mengerjakan dan
melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.
|
27menit
|
|
3.
|
Konfirmasi
|
||
f). Guru memberikan reward pada siswa yang berhasil menjawab dengan baik
berupa pujian secara lisan.
|
f). Siswa mendengarkan reward dari guru
|
3menit
|
|
g).Guru memberikan motivasi pada siswa yang belum berhasil menjawab denganbaik
|
g). siswa mendengarkan motivasid ari guru
|
3
menit
|
3. Kegiatan
Penutup
No
|
Kegiatan Guru
|
KegiatanSiswa
|
Waktu
|
1.
|
Guru memberikan kesimpulan mengenai
materi
|
Siswa mendengarkan dan menyimak
|
3 menit
|
2.
|
Guru menanyakan kesulitan yang ditemui siswa
|
Siswa menjawab
|
3menit
|
3.
|
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan salam penutup
|
Siswa menjawab salam guru
|
1 menit
|
4
Media Pembelajaran
1. Gambar
2. Teks
Procedure
3. Video
4. Slide
Power Point
5
Sumber Belajar
6
Penilaian
IndikatorPencapaian
|
TeknikPenililaian
|
BentukInstrumen
|
Instrumen
|
Mengungkapkan
berbagai informasi dalam bentuk teks monolog berbentuk procedure
|
Tes
lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
Answer
the following questions orally!
|
Menyebutkan
fungsi komunikatif teks yang didengar dengan jelas
|
|||
Menyebutkan
ciri kebahasaan teks yang didengar dengan teliti
|
|||
Melakukan
monolog lisan secara individu secara mandiri dan percaya diri.
|
Tes
lisan
|
Perfomance
|
Tell
to your friends how to do make an orange juice!
|
1. Instrumen
a. Soal
lisan 1
(Script
text)
Listen the procedure text carefully
and answer the following questions orally !
How to Make
a Cheese Omelet
Ingredients
1 egg, 50 g
cheese, ¼ cup milk, 3 tablespoons cooking, oil, a pinch of salt and pepper.
Utensils
Frying pan,
fork, spatula, cheese grater, bowl, plate.
Steps
o Crack an egg
into a bowl.
o Whisk the
egg with a fork until it is smooth.
o Add milk and
whisk well.
o Grate the
cheese into the bowl and stir.
o Heat the oil
in a frying pan.
o Pour the
mixture into the frying pan.
o Turn the
omelet with a spatula when it browns.
o Cook both
sides.
o Place on a
plate; season with salt and pepper.
o Eat while
warm.
Questions :
1. What is the
text about?
2. Can you
mention the language feature of the procedure?
3. What is the
first step to make a cheese omelet?
4. Can you
mention the materials to make a cheese omelet?
5. When should
we eat the cheese omelet?
b. Tes lisan II
Listen to the script about procedure, then retelling
the procedure with your own words!
How to make a sandwich
You need
* 2 slices of bread
* peanut butter
* a banana
* honey
You need
* 2 slices of bread
* peanut butter
* a banana
* honey
What you should do are
* Take two slices of bread.
* Spread peanut butter.
* Cut up a banana onto small slices and put them on one of the slices.
* Pour some honey over the bananas.
* Put the other slice of bread on top.
2.
Penilaian
a.
Test lisan 1
No
|
Key Answer
|
Skor
|
1.
|
How to make cheese omelet.
|
2
|
2.
|
Crack,
add, whisk, heat, pour, turn
|
2
|
3.
|
Crack an
egg into a bowl
|
2
|
4.
|
1 egg, 50 g cheese, ¼ cup milk,3 table spoons cooking oil, a pinch of salt
Pepper
|
2
|
5.
|
Eat while
warm
|
2
|
Total Score
|
10
|
b.
Teslisan II
No.
|
Komponen
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Pronounciation
|
5
|
Pengucapan semuanya benar
|
4
|
Banyak pengucapan kata yang benar
|
||
3
|
Separuh pengucapan kata benar
|
||
2
|
Banyak pengucapan yang salah
|
||
1
|
Semua pengucapan salah
|
||
2
|
Fluency
|
5
|
Pengungkapan kata lancar
|
4
|
Banyak pengungkapan kata yang lancar
|
||
3
|
Separuh pengungkapan kata lancar
|
||
2
|
Banyak pengungkapan yang tidak lancar
|
||
1
|
Semua pengungkapan tidak lancar
|
||
3
|
Grammer
|
5
|
Pengungkapan kata secara grammer tepat
|
4
|
Banyak Pengungkapan kata yang secara grammer tepat
|
||
3
|
Separuh pengungkapan kata secara grammar tepat
|
||
2
|
Banyak siswa yang pengungkapan secara grammatikal
tidak tepat
|
||
1
|
Pengucapan secara gramatical semuanya salah
|
||
3
|
Content
|
5
|
Semua ungkapan siswa sesuai dengan topik
|
4
|
Banyak ungkapan siswa yang sesuai dengan topik
|
||
3
|
Separuh ucapan siswa sesuai dengan topik
|
||
2
|
Banyak ucapan siswa yang tidak sesuai dengan topik
|
||
1
|
Semua ucapan siswa tidak sesuai dengan topik.
|
Total skormaksimal
Teslisan1 = 10
Teslisan 2 = 20
Total = 30
Skor
: Total nilaisiswa x 100
Maximum score
Mengetahui, Kota,
Tanggal
Kepala Sekolah Guru Pengajar
Kepala Sekolah Guru Pengajar
Name : Name
:
NIP. XXXXXXXXXXX NIP.
XXXXXXXXXXXXX
0 comments:
Post a Comment