RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KD 6.2
SMP : SMP XXXXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / Gasal
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan essay pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esay
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk
descriptive dan recount.
Indikator : 1. Melengkapi
teks esay pendek rumpang berbentuk descriptive.
2.
Menyusun kalimat acak menjadi teks pendek yang bermakna dalam bentuk
descriptive.
3. Menulis teks sederhana dalam bentuk
descriptive.
Jenis
Teks : Teks
descriptive
Tema
: Famous
Person
Aspek/Skill : Menulis
A. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. menentukan
kata yang cocok atau tepat untuk melengkapi teks pendek rumpang yang berbentuk
descriptive.
2. menyusun
kalimat acak secara berurutan agar menjadi teks pendek yang bermakna dalam
bentuk descriptive.
3. membuat
teks sederhana dalam bentuk descriptive.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Brainstorming dengan gambar


2.
Teks deskriptif tentang “famouse person”

a.
Descriptive text
Descriptive text adalah
jenis teks yang bertujuan untuk memberikan deskripsi terhadap benda, orang atau
tempat tertentu dengan memberikan informasi secara detail dan terperinci.
b.
Generic structure
ü
Identification
Memperkenalkan siapa,
dimana, dan juga subjek apa yang hendak di deskripsikan (general information).
ü
Description
Mendeskripsikan orang,
tempat atau benda secara lebih terperinci yang meliputi: sifat, penampilan,
ciri-ciri secara fisik, karakter, dll.
c.
Ciri kebahasaan teks deskriptive
ü
Fokus pada satu objek (person, animal,
place, dll).
ü
Penggunaan adjective.
ü
Penggunaan simple present tense.
3.
Kosa kata dalam teks rumpang
Raised : dibesarkan
Canadian : orang Kanada
Songwriter : penulis lagu
Weight : berat badan
Tall :
tinggi badan
Son : anak
Famous song : lagu populer
sharp nose : hidung mancung
innocent : menarik
Born : lahir
Justin Beiber

Justin
Beiber was............on March 1, 1994 at St Joseph’s Hospital in London, Ontario
and he was............in Startford, Ontario. His full name is Justin Drew
Beiber. He is the.................of Jeremy Jack Bieber and Patricia Mallette.
His parents were never married, but they keep up a close friendship.
Justin
Beiber’s...............is about 120 to 130 ponds and he is about 6
feet.......... He has............hair and...........He has a very............face.
Justin
is a.............pop singer, actor and...............His talent was discovered
in 2008 by American talent manager Scooter Braun on YouTube. He made his first
debut in his seven-track, My World in November 2009. He became the first artist
to have seven songs from a debut record to chart on the Billboard Hot 100.
Justin’s first studio album, My World 2.0 was released in March 2010. His song,
“baby” became a ..............in the world. Right now, he is an icon of
teenager popular singer in the world.
4.
Kalimat-kalimat acak
a.
Farah is a very smart and intelligent
chef.
b.
Her full name is Farah Farhanah Quinn.
c.
She completed her degree in Pastry Arts
from Pennsylvania Culinary Institue.
d.
Her weight is about 50 kg and she is
about 170 cm tall.
e.
Farah Queen is one of the famouse chefs
in Indonesia.
f.
After graduation, Farah became a
successful chef in the USA.
g.
She also became an Indonesian celebrity
chef.
h.
She was born on April 1980 in Bandung.
i.
She has brown hair and a slim body.
Cara
menyusun kalimat acak teks descriptive yaitu mengetahui generic structure dan
kosa kata yang digunakan dalam teks descriptive maka jika di urutkan akan
menjadi teks descriptive yang terpadu.
Farah
Queen
Farah
Queen is one of the famouse chefs in Indonesia. Her full name is Farah Farhanah
Quinn. She was born on April 1980 in Bandung. Her weight is about 50 Kg and she
is about 170 cm tall. She has brown hair and a slim body. Farah is a very smart
and intelligent chef. She completed her degree in Pastry Arts from Pennsylvania
Culinary Institute. After graduation, Farah become a successful chef o the USA.
She also become an Indonesian celebrity chef.
C.
Metode Pengajaran
1.
Diskusi
2.
Presentasi
3.
Pemberian tugas
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Waktu
|
1
|
Guru
memberikan salam kepada siswa
|
Siswa
menjawab salam dari guru
|
1
menit
|
2
|
Guru
menanyakan kabar siswa
|
Siswa
menjawab dan menanyakan kabar guru
|
1
menit
|
3
|
Guru
mengecek kehadiran siswa
|
Siswa
menanggapi
|
3
menit
|
4
|
Guru
menyajikan gambar-gambar tentang “famouse person”
|
Siswa
mengamati gambar
|
4menit
|
5
|
Guru
menanyakan kepada siswa berkaitan dengan gambar-gambar tersebut
|
Siswa
menanggapi pertanyaan guru
|
4menit
|
2.
Kegiatan Inti
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Waktu
|
1
|
Eksplorasi
|
||
a).
Guru menyuruh siswa mencari teman untuk bekerja secara berpasangan
|
b).
Siswa mencari teman untuk bekerja berpasangan
|
3
menit
|
|
b).
Guru menyuruh siswa untuk memahami contoh teks deskriptif tentang “famouse
person” yang telah diberikan
|
b).
Siswa memahami teks deskriptif yang diberikan oleh guru.
|
4menit
|
|
c).
Guru menyuruh siswa untuk menuliskan ciri kebahasaan dan generic structure teks
descriptive yang telah diberikan
|
c).
Siswa menuliskan ciri kebahasaan teks yang diberikan dan kosa kata yang
digunakan pada teks
|
5 menit
|
|
d).
Guru memberikan kosa kata sulit dalam teks deskriptif rumpang kepada siswa
|
d).
Siswa mencari kosa kata sulit dengan bantuan kamus
|
4 menit
|
|
2
|
Elaborasi
|
||
a).
Guru menyuruh siswa untuk melengkapi teks deskriptif rumpang dengan kosa kata
sulit yang telah diberikan.
|
a).
Siswa menggunakan kosa kata tersebut untuk melengkapi teks deskriptif
sederhana rumpang.
|
5
menit
|
|
b).
Guru menunjuk siswa untuk membacakan hasilnya di depan kelas.
|
b).
Siswa membacakan hasilnya di depan kelas.
|
5 menit
|
|
c).
Guru menyuruh siswa untuk menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptive yang
padu secara berpasangan
|
c).
Siswa menyusun kalimat acak yang diberikan oleh guru secara berpasangan
|
5
menit
|
|
d).
Guru memberikan soal terkait dengan deskriptive text
|
d).
Siswa mengerjakan soal
|
23 menit
|
|
3
|
Konfirmasi
|
||
a).
Guru memberikan reward pada siswa yang berhasil menjawab dengan baik berupa
pujian secara lisan.
|
a).
Siswa mendengarkan reward dari guru
|
4 menit
|
|
b).
Guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
|
b).
Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
|
3
menit
|
3. Kegiatan
Penutup
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Waktu
|
1
|
Guru
menanyakan kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptive
|
Siswa
menjawab pertanyaan guru
|
3
menit
|
3
|
Guru
memberikan kesimpulan mengenai materi
|
Siswa
mendengarkan dan menyimak
|
2 menit
|
4
|
Guru
mengakhiri pelajaran dan memberikan salam penutup
|
Siswa
menjawab salam guru
|
1
menit
|
E.
Media Pembelajaran
1.
Gambar
2.
Teks Descriptive
3.
Slide power point
F.
Sumber Belajar
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penililaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Menentukan
kata yang cocok atau tepat untuk melengkapi teks pendek rumpang yang
berbentuk descriptive
|
Tes
Tulis
|
Completion
|
Complete
the paraghraph using the suitable words
|
menyusun
kalimat acak secara berurutan agar menjadi teks pendek yang bermakna dalam
bentuk descriptive
|
Tes
Tulis
|
Jumbled
sentences
|
Rearrange
the following sentences correctly
|
membuat
teks sederhana dalam bentuk descriptive
|
Tes
Tulis
|
Essay
|
Write
an essay describing a famouse person
|
1.
Instrumen/soal
a.
Tes Tulis (Completion)
Complete
the paragraph using suitable words !
curly hair
childhood
skin
charming
short dress
very beautiful
likes
appearance
music country singer
loves
Taylor Swift
Taylor Alison Swift or
more popular with Taylor Swift was born in Wyomissing, Pennsylvania, USA at 13
Desember 1989. She is a (1)..............She is also my inspiration and role
model.
Taylor Swift loves to sing since (2)............Her
first song is “Lucky You” which she wrote while still sitting in school. Taylor
Swift (3)...........to sing while playing the guitar. Her (4)...............and
performance is simple but charming. On concert, sheusually using a (5)..........and carrying a guitar.
She always sings with relaxing and soulful.
Taylor Swift is (6)............She is
tall and her skin is white, her eyes is blue. Her nose is sharp, she has (7)............,
and its color is blond.
Taylor Swift won many award such as
Album of the Year for Fearless, as well as Best Female Country Vocal
Performance and Best Country Song for “White Horse”. She also is the Best
Female Pop Vocal Performance for “You Belong with me”.
b.
Tes Tulis (Jumbled Sentences)
Rearrange
the following sentences correctly !
1.
He loves football and formula one
racing.
2.
Dan has white skin, dark brown hair,
blue ayes and pointed nose.
3.
Daniel Jacob Radcliffe was born in
Fulham, London, 23 Juli 1989.
4.
He is also intelligent and somewhat
mysterious.
5.
His height is about 168 cm.
6.
His nickame is Dan
7.
He is the only child of Alan Radcliffe
and Marcia Gresham.
8.
He is a loyal, shy, down to earth and
humorous person.
c.
Essay
Write
a descriptive text describing about R.A Kartini! At least 2 paragraphs.
Penilaian I Tes Tertulis(Completion)
No
|
Key Answer
|
Skor
|
1.
|
Music
country
|
2
|
2.
|
Childhood
|
2
|
3.
|
Likes
|
2
|
4.
|
Appearance
|
2
|
5.
|
Short
dress
|
2
|
6.
|
Very
beautiful
|
2
|
7.
|
Curly
hair
|
2
|
Total
Skor
|
15
|
Penilaian II Tes
Tertulis (Jumbled Sentences)
No
|
Key Answer
|
Skor
|
8.
|
Daniel Jacob Radcliffe was born in
Fulham, London, 23 Juli 1989
|
2
|
9
|
His Nickname is Dan.
|
2
|
10
|
He
is the only child of Alan Radcliffe and Marcia Gresham.
|
2
|
11.
|
Dan
has white skin, dark brown hair, blue ayes and pointed nose.
|
2
|
12.
|
He
is also intelligent and somewhat mysterious.
|
2
|
13.
|
His
height is about 168 cm.
|
2
|
14.
|
He
is a loyal, shy, down to earth and humorous person.
|
2
|
15.
|
He
loves football and formula one racing.
|
2
|
Total
Skor
|
15
|
Penilaian III Tes
Tertulis (Essay)
No
|
Description
|
Score
|
I
|
Ketepatan
grammar dan isi
|
3
|
Ketepatan
isi, ketidaktepatan grammar
|
2
|
|
Ketidaktepatan
grammar dan isi
|
1
|
|
Tidak
menjawab
|
0
|
|
II
|
Sempurna/
semua jawaban benar (tidak ada kesalahan)
|
20
|
Benar,
kesalahan kurang dari 5
|
15
|
|
Kesalahan
mencapai 6-10
|
10
|
|
Kesalahan
lebih dari 10
|
5
|
|
Tidak
menjawab
|
0
|
Total skor maksimal
Tes tahap 1 = 15
Tes tahap 2 = 15
Tes tahap 3 = 20
Total Skor maksimal =
50

Skor
maksimum
Mengetahui, Kota,
Tanggal
Kepala
Sekolah Guru
Pengampu Mapel
Nama
: Nama
:
NIP.
XXXXXXXXXXXX NIP.
XXXXXXXXXXXX
0 comments:
Post a Comment