SILABUS SMA/MA
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS - WAJIB
Kelas : X
Kompetensi
Inti
:
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks lisan dan
tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan,
dan merespon pemaparan jati diri
Fungsi sosial
Menjalin
hubungan dengan guru, teman dan orang lain
Ungkapan
My name
is... I’m ... I live in ... I have … I like …. dan semacamnya
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata terkait
dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi.
(2)
Kata kerja
dalam simple present tense: be, have dalam simple present tense
(3)
Kata tanya What? Who? Which?
(4)
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
(5)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian.
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan/membaca
pemaparan jati diri
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun
format penyampaian/penulisannya.
·
Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan.
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris, perbedaannya
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·
Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang memaparkan
jati diri
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari pemaparan jati diri
dari berbagai sumber.
·
Siswa berlatih memaparkan jati diri dengan teman melalui
simulasi.
·
Siswa berlatih memaparkan jati diri melalui tulisan
Mengasosiasi
·
Siswa menganalisis ungkapan memaparkan jati diri dengan
mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
·
Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan memaparkan
jati diri yang mereka temukan dari sumber lain
dan membandingkannya dengan yang digunakan guru
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam
kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara
lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
·
Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memaparkan dan menanyakan jati diri
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Unjuk kerja
·
Melakukan monolog
yang menyebutkan jati diri didepan
kelas
·
Ketepatan
menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan jati diri
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·
Berperilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
Portofolio
·
Kumpulan karya
siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman penggunaan
ungkapan dan skrip percakapan
·
Kumpulan hasil
tes dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary,
jurnal, format khusus, komentar, atau
bentuk penilaian lain
|
2 x 2 JP
|
·
Audio CD/
VCD/DVD
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap
serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk memuji bersayap (extended)
serta responnya
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
“Excellent! You really did it well, Tina.” “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It
was great. I like it, thank you,”
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan/menonton interaksi memuji bersayap.
·
Siswa mengikuti
interaksi memuji bersayap.
·
Siswa menirukan
model interaksi memuji bersayap
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi memuji
bersayap (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antara berbagai ungkapan memuji bersayap dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa memuji bersayap
dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan memuji bersayap yang telah
dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·
Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa memuji dengan bahasa Inggris, di dalam dan di
luar kelas.
·
Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar
(learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
·
Pencapaian
fungsi sosial
·
Kelengkapan dan
keruntutan struktur teks memuji bersayap
·
Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
dan tulisan tangan
·
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pernyataan pujian dan responnya .
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan pujian serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·
Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pujian dan responnya ketika
muncul kesempatan.
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan Komunikasi
|
1 x 2 JP
|
·
Audio CD/
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
ber
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai
konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk menunjukkan perhatian (care)
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
Ungkapan untuk
memberi perhatian dan cara meresponnya: You
look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan
kata, intonasi
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan/menonton interaksi menunjukkan perhatian.
·
Siswa mengikuti
interaksi menunjukkan perhatian.
·
Siswa menirukan
model interaksi menunjukkan perhatian.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi
menunjukkan perhatian. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antara berbagai ungkapan menunjukan perhatian dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play,
dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan menunjukan perhatian yang
telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·
Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menunjukan
perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan
perhatian dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
·
Pencapaian
fungsi sosial
·
Kelengkapan dan
keruntutan struktur teks menunjukkan perhatian
·
Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
dan tulisan tangan
·
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan untuk menunjukkan
perhatian
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan
dalam menyampaikan ungkapan untuk
menunjukkan perhatian
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·
Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukkan perhatian (care) ketika
muncul kesempatan.
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan Komunikasi
|
1 x 2 JP
|
·
Audio CD/
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
ber
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.4. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan
konteks penggunaannya
4.4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks
|
Teks
lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat
melakukan sesuatu
Fungsi Sosial
Menyatakan rencana
Struktur Teks
‘I’d like to
tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my friend
Unsur Kebahasaan
Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan dan
membaca banyak kalimat
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
·
Siswa mengikuti interaksi
tentang pernyataan dan pertanyaan tentang menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dengan bimbingan guru
·
Siswa menirukan contoh-contoh
kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru siswa mengidentifikasi ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb.
Mengekslorasi
·
Siswa menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam konteks
simulasi, role-play dan kegiatan lain yang terstuktur
·
Siswa berusaha menyatakan dan bertanya
tentang niat
melakukan sesuatu
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan antara ungkapan niat melakukan
sesuatu dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari dengan yang ada dari
berbagai sumber lain.
·
Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dalam bahasa inggris dan dalam bahasa Indonesia
Mengkomunikasikan
·
Setiap menyatakan dan menanyakan ungkapan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa
Inggris di dalam dan di
luar kelas
·
Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria penilaian:
·
Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks pernyataan
dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan
(observasi)
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
·
Upaya menggunakan Bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan
sesuatu ketika muncul
kesempatan.
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
·
Berperilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
|
2 x 2 JP
|
·
Audio CD/
VCD/DVD
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.5. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.5. Menyusun teks lisan dan
tulis untuk
mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan
tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan
konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended)
Fungsi Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Struktur text
Ungkapan baku
dari sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata dan tata
bahasa baku
(2)
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan
tentang perilaku peduli dan cinta damai.
|
Mengamati
·
Siswa
memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari berbagai sumber
(a.l. film, tape, surat kabar, majalah).
·
Siswa
membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan
ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi
ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
Mempertanyakan(questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai pesan yang berisi ucapan selamat dalam
bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
· Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan
selamat yang lain dari berbagai sumber
· Siswa bergantian
membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat
· Siswa
mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan berbagai ucapan selamat terkait
dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi
ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang
disampaikan dalamkerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat
dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
·
Siswa membuat kartu ucapan selamat
· Siswa memperoleh feedback dari guru dan teman sejawat
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ucapan selamat
bersayap
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Melakukan role-play
(bermain peran)
menggunakan ungkapan berbentuk pesan berisi ucapan
selamat serta responnya dalam situasi nyata
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan
dalam menyampaikan ucapan selamat
bersayap serta responnya
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal
seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
·
Kumpulan
catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog.
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan teks ucapan selamat berupa: draft, revisi,
editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
|
2 x 2 JP
|
·
Audio CD/
VCD/DVD
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.6. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.6. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks.
|
Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau yang merujuk waktu terjadinya
dengan yang merujuk pada kesudahannya
(Past Simple dan Present
Perfect Tense)
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
Struktur teks
I had plowed into a big green Buick. I hollered
farewells to my friends and poured myself into the car
My friend has prepared
everything before we left
Unsur kebahasaan
(1) Past Simple, Present Perfect
(2) Tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait
dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam
maupun di luar kelas.
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat Past Simple dan Present perfect tense, dalam berbagai
konteks.
·
Siswa berinteraksi menggunakan kalimat Past Simple dan Present perfect tense selama proses
pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·
Siswa menirukan
contoh-contoh kalimat Past Simple dan Present Perfect tense,
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat Past Simple dan Present Perfect tense, (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai past
simple dan present perfect yang
ada dalam bahasa Inggris, dan
perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
·
Siswa menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
·
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan
yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris selama proses
pembelajaran.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan kalimat Past Simple dan Present Perfect tense yang
telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·
Siswa
membandingkan antara kalimat Past Simple dan Present Perfect tense dalam
bahasa Inggris dengan kalimat
tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa ibu atau bahasa
Indonesia.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di
waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada
kesudahannya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam
jurnal belajarnya.
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
·
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian
·
Perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
·
Kumpulan karya
siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
·
Kumpulan hasil
tes dan latihan.
·
Catatan
penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian
lainnya
|
2 x 2 JP
|
·
Audio CD/
VCD/DVD
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
2.3 Menunjukkankan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional
3.7. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif
sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8. Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis sederhana.
4.9. Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana,
tentang
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10. Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan
sesuai dengan konteks.
.
|
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata,
dan bangunan bersejarah terkenal
Fungsi sosial
Membanggakan,
mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur text
(1)
Penyebutan nama
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama
bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
(2)
Penyebutan
sifat orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya,
dan
(3)
Penyebutan
tindakan dari atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal.
yang semuanya sesuai dengan
fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata benda yang
terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(2)
Kata sifat yang
terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(3)
Ejaan dan
tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4)
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
|
Mengamati
·
Siswa
memperhatikan / menonton beberapa contoh teks/ film tentang penggambaran orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah.
·
Siswa menirukan
contoh secara terbimbing.
·
Siswa belajar
menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai teks deskripsi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
·
Siswa
mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari
teks deskriptif
Mengeksplorasi
· Siswa secara kelompok membacakan teks deskriptif lain dari berbagai sumber
dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
· Siswa berpasangan
menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi
sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar.
· Siswa
menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan
kebahasaan
·
Berkelompok, siswa
menggambarkan tempat wisata lain dalam konteks penyampaian informasi yang
wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari
Mengasosiasi
·
Dalam kerja
kelompok terbimbing siswa menganalisis
dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan orang, tempat wisata,
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa
mengelompokkan teks
deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya.
·
Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia
sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Berkelompok,
siswa menyusun teks deskripsi tentang orang/ tempat wisata/ bangunan
bersejarah sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya
·
Siswa menyunting deskripsi yang dibuat teman.
·
Siswa
menyampaikan
deskripsinya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
·
Siswa membuat
kliping deskripsi
tentang orang, tempat wisata atau bangunan bersejarah
yang mereka sukai.
·
Siswa membuat
laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan
tempat wisata dan bangunan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang
dialami.
·
Siswa dapat menggunakan
‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
·
Pencapaian
fungsi sosial
·
Kelengkapan dan
keruntutan struktur teks deskriptif
·
Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/
penyampaian
Unjuk kerja
·
Melakukan
monolog tentang deskripsi orang, tempat wisata, bangunan bersejarah
terkenal di depan kelas / berpasangan
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan dalam membuat teks deskriptif
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks deskriptif
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
·
Ketepatan dan
kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau
rekaman monolog
teks deskriptif.
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi,
editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·
Kumpulan hasil
tes dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
· Bentuk: diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain
|
9 x 2 JP
|
·
Audio CD/ VCD/DVD
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.8. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11. Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
Teks tulis berbentuk announcement (pemberitahuan)
Fungsi sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau petunjuk yang harus
diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa, kepala sekolah, dan
staf administrasi
Struktur Teks
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan
runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan
tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat
tampilan teks lebih menarik
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan/membaca teks announcement
dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur
kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
·
Siswa mencoba
menirukan pengucapannya dan menuliskan
teks yang digunakan.
· Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran
umum dari teks melalui proses skimming
dan scanning untuk mendapatkan
informasi khusus.
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai teks pemberitahuan dalam bahasa Inggris, perbedaan teks pemberitahuan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
·
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari
teks lain untuk mendengarkan/membaca teks announcement
dengan strategi yang digunakan dari berbagai sumber.
·
Siswa berlatih
membaca teks announcement dengan
strategi yang digunakan bersama teman
Mengasosiasi
·
Siswa
menganalisis teks announcement
dengan memperhatikan format penulisannya melalui strategi yang digunakan.
·
Siswa
membandingkan teks announcement
yang didengar/dibacakan dari guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber
lain.
·
Secara
berkelompok siswa mendiskusikan teks announcement
yang mereka
temukan dari sumber lain.
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan
dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat teks announcement dalam kerja kelompok
·
Siswa menyampaikan
pemberitahuan secara tertulis dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
·
Membuat jurnal
belajar (learning journal)
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks announcement
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Unjuk kerja
·
Melakukan
monolog dalam bentuk pemberitahuan
(announcement) di depan kelas
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks pemberitahuan
(announcement)
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
-
kesantunan saat
melakukan tindakan
komunikasi
- perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam
melaksanakan komunikasi
- Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan
-
Ketepatan dan
kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan
catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks pemberitahuan
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan teks pemberitahuan berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik
untuk dipublikasi
·
Kumpulan hasil
tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
|
2 x 2 JP
|
·
Audio CD/
VCD/DVD
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.9. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks recount
sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.13.Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.
4.14.Menyusun teks recount
lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai dengan konteks
|
Teks recount lisan dan tulis, sederhana,
tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa.
Fungsi sosial
Meneladani,
membanggakan, bertindak teratur,
teliti dan disiplin, melaporkan.
Struktur
a. Menyebutkan tindakan/
peristiwa/kejadian secara umum
b. Menyebutkan urutan tindakan/
kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c. Jika perlu, ada kesimpulan
umum.
Unsur kebahasaan
(1) Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup,
profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak
dibicarakan.
(2) Penyebutan kata benda
(3)
Ejaan dan
tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
(5) Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab,
disiplin.
|
Mengamati
·
Siswa menyimak
berbagai contoh teks recount tentang
pengalaman/kegiatan/kejadianb/peristiwa yang diberikan/ diperdengarkan guru
·
Siswa mengamati
fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·
Siswa belajar
menentukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
recount
Mempertanyakan
(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai
teks tentang
pengalaman/kejadian/peristiwa yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks
dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,.
·
Siswa mempertanyakan
mengenai gagasan pokok informasi rinci
dan informasi tertentu dalam recount
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari beberapa text recount dari berbagai
sumber.
·
Siswa berlatih menemukan gagasan pokok, informasi rinci
dan informasi tertentu dari teks
·
Siswa membacakan teks recount kepada teman dengan
menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
· Siswa berlatih
menysun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi text recount.
· Siswa secara
berkelompok menuliskan /menyalin teks recount lisan dan tulis,
sederhana, tentang pengalaman/kegiatan/ kejadian/peristiwa dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
Mengasosiasi
·
Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks recount tulis dengan fokus
pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa mendiskusikan gagasan pokok, informasi rinci dan
informasi tertentu dari teks.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat teks recount sederhana tentang
keteladanan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·
Siswa mempresentasikannya di kelas
·
Siswa membuat kliping teks recount dengan menyalin dari beberapa sumber.
·
Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria penilaian:
·
Pencapaian
fungsi sosial
·
Kelengkapan dan
keruntutan struktur teks recount
·
Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
dan tulisan tangan
·
Kesesuaian
format
penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Unjuk kerja
·
Melakukan
monolog dalam bentuk recount dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks
recount
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
-
kesantunan saat
melakukan tindakan
- perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
- Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan
-
Ketepatan dan
kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan
catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks recount.
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan teks recount berupa: draft, revisi,
editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·
Kumpulan hasil
tes dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
·
Bentuk: diary,
jurnal, format khusus, komentar, atau
bentuk penilaian lain
·
Siswa diberikan
pelatihan sebelum dituntut untuk melaksanakannya.
|
7 x 2 JP
|
·
Audio CD/
VCD/DVD
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.9. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.15. Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk
legenda, sederhana
|
Teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda
sederhana.
Fungsi sosial
Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur
a.
Pengenalan tokoh dan setting
b.
Komplikasi terhadap tokoh utama
c. Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan
(3) Kata-kata terkait karakter, watak, dan setting dalam legenda
(4) Modal auxiliary verbs.
(4) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
(6) Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
|
Mengamati
·
Siswa menyimak
berbagai contoh teks legenda yang
diberikan/ diperdengarkan guru
·
Siswa mengamati
fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·
Siswa mengamati
keteladanan dari cerita legenda
·
Siswa belajar
menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
legenda
Mempertanyakan
(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai teks naratif yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·
Siswa mempertanyakan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
· Siswa membaca beberapa text legenda
dari berbagai sumber.
·
Siswa berlatih
menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
· Siswa melengkapi
rumpang dari beeberapa teks legenda sederhana
· Siswa secara
berkelompok menuliskan /menyalin teks recount dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
· Siswa membacakan
teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
·
Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks legenda dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menyampaikan informasi fungsi social, struktur, dan unsure kebahasanyang
ditemukan setelah membaca teks legenda.
·
Siswa menceritakan kembali teks legenda sederhana yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
·
Siswa membuat kliping teks legenda dengan menyalin dan beberapa
sumber.
·
Siswa membuat
‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
·
Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan
struktur teks
naratif
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Unjuk kerja
·
Melakukan
monolog dalam bentuk teks naratif dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas
·
Menggunakan
struktur teks
dan unsur kebahasaan dalam teks naratif
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian:
·
Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melakukan Komunikasi
·
Ketepatan dan
kesesuaian menggunakan strategi dalam
membaca
·
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
·
Kumpulan
catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks naratif
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan teks naratif berupa: draft, revisi,
editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·
Kumpulan hasil tes
dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
|
6 x 2 JP
|
·
Audio CD/ VCD/DVD
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional
3.11. Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16. Menangkap makna lagu sederhana.
|
Lagu sederhana
Fungsi sosial
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan,
dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan
tentang perilaku yang menginspirasi.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/membaca beberapa lirik
lagu berbahasa
Inggris dan menyalinnya
·
Siswa menirukan penguncapan dengan
menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
Mempertanyakan
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan pesan yang ada dalam lagu bahasa Inggris, perbedaan
lagu dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
· Siswa memperoleh
pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
Mengeksplorasi
· Siswa membacakan
lirik lagu yang disalin kepada teman sebangku
· Siswa menyanyikan
lagu yang disalin dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
· Siswa berdiskusi
tentang pesan lagu yang didengar
Mengasosiasi
·
Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat
dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
·
Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang
bertema perdamaian dengan menyalin
Mengkomunikasikan
· Siswa melaporkan kumpulan lagu favorit mereka yang sudah
dianalis tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
· Antarsiswa
melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat.
|
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
-
Perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
-
Ketepatan dan
kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
-
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang
disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
· kumpulan hasil tes dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian
sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian
Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
|
2 x 2 JP
|
·
Audio CD/
VCD/DVD
·
www.youtube
·
SUARA GURU
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
|
|||||||
0 comments:
Post a Comment