SILABUS SMA/MA
MATA
PELAJARAN: BAHASA INGGRIS - WAJIB
Kelas :XII
Kompetensi Inti:
KI1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menawarkan jasa dan
responnya.
Fungsi sosial
Menawarkan jasa dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
lain
Struktur teks
May I help you? What can I do for you? What if ...? Yes,
please. No, thanks, I’m ok. Thanks a lot.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi menawarkan jasa.
· Siswa mengikuti interaksi menawarkan jasa.
· Siswa menirukan model interaksi menawarkan jasa
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi menawarkan jasa (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan menawarkan jasa yang telah dipelajari dengan
yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
Komunikasi
· Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
menawarkan jasa dalam jurnal belajar (learning
journal).
|
Kriteria
Penilaian:
- Tingkat ketercapaian
fungsi sosial menawarkan jasa
- Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks menawarkan jasa
- Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responnya
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menawarkan jasa serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa ketika muncul
kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
· Perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan yang mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan dan responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.2
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan yang mengawali penyampaian berita
atau informasi yang mengejutkan dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
Fungsi sosial
Menyampaikan berita atau
informasi yang mengejutkan dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
Guess what! Surprise! You know what?
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar
|
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi mengawali penyampaian berita atau
informasi yang mengejutkan
· Siswa mengikuti interaksi mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
· Siswa menirukan model interaksi mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi yang
mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau
informasi yang mengejutkan dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
MENGEKSPLORASI
Siswa mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan dengan bahasa Inggris
dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan yang
mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan yang telah dipelajari
dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
MENGKOMUNIKASIKAN
· Siswa mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan dengan bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi penyampaikan
berita atau informasi yang mengejutkan
Pengamatan
(observations):
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk mengawali penyampaian berita atau
informasi yang mengejutkan ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.3. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta
perhatian
bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan
untuk meminta perhatian
bersayap (extended), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk meminta perhatian bersayap (extended) dan responnya.
Fungsi sosial
Meminta perhatian dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
lain
Struktur teks
May I have your attention, please. Everybody,
excuse me!
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi meminta perhatian.
· Siswa mengikuti interaksi meminta perhatian dan responnya.
· Siswa menirukan model interaksi meminta perhatian
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi meminta perhatian (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan meminta perhatian dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
Siswa meminta perhatian dengan bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan meminta perhatian yang telah dipelajari
dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
Komunikasi
· Siswa meminta perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk meminta
perhatian dalam jurnal belajar (learning
journal).
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial meminta
perhatian
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks meminta perhatian
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pernyataan meminta perhatian
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
ungkapan berisi pernyataan meminta perhatian serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk meminta
perhatian ketika muncul kesempatan
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian
dalam menyampaikan dan menulis ungkapan meminta perhatian
· Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus,
lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran kerja
4.4.
Menangkap
makna dalam teks berbentuk surat lamaran kerja.
4.5. Menyunting surat lamaran
kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6.
Menyusun
surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran
kerja
Fungsi sosial
Membuat
surat lamaran kerja dengan baik, untuk membuat pembaca terkesan sehingga
mencapai tujuannya.
Struktur teks
Ungkapan
yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik: surat lamaran kerja
Unsur kebahasaan
(1)
Kata dan tata bahasa yang lazim
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)
rujukan
kata
Topik
Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa, dengan
memberikan keteladanan tentang tanggungjawab
dan pro-aktif
|
Mengamati
· Siswa membaca beberapa surat lamaran kerja dari berbagai sumber
·
Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan surat lamaran kerja dari berbagai sumber.
· Siswa belajar membaca cepat
untuk menemukan gagasan utama teks (skimming),
dan membaca memindai untuk menemukan informasi tertentu (scanning), serta menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca
dengan bermakna
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai surat
lamaran yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
· Siswa mempertanyakan
cara menemukan gagasan utama, informasi tertentu, informasi
rinci dan kesimpulan dalam surat lamaran kerja.
Experimen/explore
· Siswa membacakan surat lamaran kerja kepada teman dan guru dengan
tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
· Siswa berlatih menemukan
gagasan utama dan informasi tertentu dalam surat lamaran kerja
· Siswa menulis surat lamaran kerja dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang surat lamaran kerja yang
ditulis.
· Siswa melakukan perbaikan terhadap surat lamaran kerja yang ditulis
berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
·
Siswa menganalisis berbagai surat lamaran kerja dan
membandingkannya dengan contoh yang diberikan
·
Siswa menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam
surat lamaran kerja.
·
Siswa
menyunting sebuah surat lamaran kerja yang diambil sumber lain
·
Secara
individu, siswa menulis surat lamaran kerja dan
·
Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas
kesulitan yang dihadapi pada saat membaca dan menulis surat lamaran kerja
dalam bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang
disampaikan dalam kerja kelompok.
Komunikasi
· Siswa menyampaikan hasil
suntingan terhadap sebuah surat lamaran kerja.
· Siswa menggunakan kalimat simple present dan present
perfect dalam menulis lamaran kerja.
· Siswa mempresentasikan surat lamaran kerja yang sudah diberbaiki
berdasarkan masukan dari guru dan teman
· Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
penggunaan teks
lamaran kerja
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks surat lamaran kerja
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis surat lamaran kerja
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan
kemajuan belajar
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan surat
lamaran kerja berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
·
Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara penilaian
lainnya
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau
bentuk penilaian
lain
|
2 x
2 JP
|
Suara guru
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
4.7.
Menangkap makna teks penyerta gambar (caption).
4.8.
Menyusun teks penyerta gambar (caption), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks penyerta gambar (caption).
Fungsi sosial
Membuat teks penyerta gambar (caption) dengan baik, untuk mendapatkan perhatian dari pembaca
sehingga mencapai tujuannya.
Struktur teks
Ungkapan yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik: teks penyerta
gambar (caption).
Unsur kebahasaan
(1) Kata dan tata bahasa yang lazim
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Kegiatan atau acara penting
dalam kehidupan pribadi siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
peduli dan cinta
damai.
|
Mengamati
· Siswa membaca beberapa teks
penyerta gambar dari berbagai sumber
·
Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan teks
penyerta gambar dari berbagai sumber.
· Siswa belajar membaca
memindai untuk mendapatkan informasi tertentu dari teks (scanning) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan
bermakna
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai teks
penyerta gambar (caption )yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
· Siswa mempertanyakan
cara menemukan informasi tertentu dalam teks
penyerta gambar
Experimen/explore
· Siswa membacakan teks
penyerta gambar kepada teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan
pengucapan yang tepat.
· Siswa berlatih menemukan
informasi tertentu dan rinci dalam teks penyerta gambar
· Siswa menulis teks
penyerta gambar dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan
unsur kebahasaan.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang teks penyerta gambar yang ditulis.
· Siswa melakukan perbaikan terhadap surat lamaran kerja yang ditulis
berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
·
Siswa menganalisis berbagai teks penyerta gambar dan membandingkannya dengan contoh yang diberikan
·
Siswa menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam teks penyerta gambar
·
Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas
kesulitan yang dihadapi pada saat membaca dan menulis teks penyerta gambar dalam bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan
unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang
disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa menggunakan kalimat simple present dalam menulis teks penyerta gambar.
· Siswa mempresentasikan teks
penyerta gambar yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman
· Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
penggunaan teks
penyerta gambar
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks penyerta gambar
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations): Bukan penilaian formal
seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
· Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai,
· Ketepatan dan kesesuaian
dalam menulis teks penyerta gambar
· Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan teks penyerta
berupa: draft,
revisi, editing dan hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar teks penyerta gambar
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian
lainnya
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau
bentuk penilaian
lain
|
2 x 2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
www.thejakartapost.com
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.6.Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks ilmiah berbentuk factual report, sesuai dengan konteks
pembelajaran di mata pelajaran lain di Kelas XII.
4.9.
Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual
report) lisan dan tulis tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.
4.10.
Menyusun
teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis, tentang benda, binatang dan gejala/ peristiwa alam, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XII, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks ilmiah faktual (factual
report) lisan dan tulis tentang
benda, binatang dan gejala/ peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di
Kelas XII.
Fungsi sosial
Menguraikan gambaran umum tentang gejala alam, sosial,
dan benda-benda buatan manusia, secara objektif dan ilmiah.
Struktur text
(1)
Penyebutan jenis atau golongan
dari obyek yang dipaparkan
(2)
Deskripsi obyek termasuk nama,
sifat dan perilaku yang umum
ditemukan/ dilihat.
Unsur kebahasaan
(1)
Penyebutan kata benda umum, singular dan plural
(2)
Kalimat dengan kata kerja be, have, look, need, breed, dll.,
dalam Simple Present tense, atau Simple Past tense jika sudah punah atau
tidak ada lagi.
(3)
Penamaan dengan istilah ilmiah.
(4)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan.
(6)
Rujukan
kata
Topik
Benda, binatang dan
gejala/peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII
|
Mengamati
· Siswa membaca/mendengarkan/
menonton berbagai macam teks ilmiah faktual tentang
benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain
di Kelas XII.
·
Siswa
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun
format penyampaian/
penulisan teks ilmiah faktual
· Siswa belajar membaca cepat
untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan
bermakna
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai teks
ilmiah faktual (factual report )yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
· Siswa mempertanyakan
cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan
kesimpulan dalam teks ilmiah faktual.
Experimen/explore
· Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks factual report dari
berbagai sumber.
· Siswa membacakan teks factual
report kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
· Siswa berlatih menemukan
gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks factual report.
· Siswa secara berkelompok menuliskan teks factual report tentang
benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain
di Kelas XII dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan
Mengasosiasi
·
Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks
report teks factual report yang
tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa membuat kliping teks report dengan menyalin dan beberapa sumber.
· Siswa membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
penggunaan teks
ilmiah faktual
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks ilmiah faktual
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
·
Melakukan monolog berupa
teks factual
report tentang benda, binatang dan
gejala/ peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII
di
depan kelas /
berpasangan
·
Ketepatan
menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam membuat teks factual report
Pengamatan (observations):
Untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks factual report
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan
kemajuan belajar siswa dalam melakukan monolog dan
penyusunan teks tulis ilmiah faktual tentang benda, binatang dan gejala/ peristiwa alam
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks tulis ilmiah faktual berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau
bentuk penilaian
lain
|
10 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
Jakarta Post
Reader Digest
www.thejakartapost.com
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.2
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7.
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan
dan pertanyaan tentang keharusan dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11. Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang keharusan
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan keharusan untuk menyarankan dan mengingatkan.
Struktur teks
You are supposed to hand in your assignment today. She
is to meet the principal as soon as possible.
Unsur kebahasaan
Kata kerja modal be
supposed to, be to; tata
bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat dengan ungkapan keharusan,
dalam berbagai konteks.
· Siswa mengikuti interaksi tentang keharusan selama proses pembelajaran,
dengan bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan
keharusan.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat
yang menyatakan dan menanyakan keharusan (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan keharusan yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
·
Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan dalam bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
·
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan keharusan
dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan keharusan yang telah dipelajari dengan
ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara ungkapan keharusan dalam bahasa Inggris dengan
ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan dengan bahasa Inggris, di dalam
dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
menyatakan dan menanyakan keharusan dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyampaikan keharusan
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks menyampaikan keharusan
- Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi keharusan
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
ungkapan berisi keharusan serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk keharusan ketika muncul kesempatan.
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis ungkapan keharusan
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
Jakarta Post
Reader Digest
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2.
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.8. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
yang menyatakan fakta dan pendapat,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12.
Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta
dan pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan fakta dan pendapat serta responnya
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan keharusan untuk menyarankan dan mengingatkan.
Struktur teks
The
accident killed 2 women and one child. The building need renovation
Unsur kebahasaan
Kata kerja be;
tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pernyataan dan pertanyaan
fakta dan pendapat, dalam berbagai konteks.
· Siswa mengikuti interaksi tentang fakta
dan pendapat selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan fakta dan pendapat.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat
yang menyatakan dan menanyakan fakta
dan pendapat(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menpertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan fakta dan pendapat yang
ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
·
Siswa menyatakan dan menanyakan fakta dan pendapat dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
·
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan fakta dan pendapat dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan fakta
dan pendapat yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara ungkapan fakta
dan pendapat dalam bahasa
Inggris dengan ungkapan fakta
dan pendapat dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan dan menanyakan fakta
dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
menyatakan dan menanyakan fakta
dan pendapat dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyampaikan menanyakan fakta
dan pendapat
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks menyampaikan dan menanyakan fakta dan pendapat
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi penyampaikan dan
menanyakan fakta dan pendapat
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
ungkapan berisi penyampaikan
dan menanyakan fakta dan pendapat serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan fakta dan pendapat ketika
muncul kesempatan.
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis ungkapan menyatakan
dan menanyakan fakta dan pendapat
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
Jakarta Post
Reader Digest
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
4.13.
Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari
koran/radio/TV.
4.14. Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti perintah/saran,
dengan memperhatikan fungsisosial, struktu rteks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
Teks berita sederhana.dari koran, radio, dan TV
Fungsi sosial
Menyampaikan
informasi kepada pembaca, pemirasa, pendengar, berita yang menarik dan layak
menjadi berita dan dengan cara pemberitaan yang mengundang perhatian.
Struktur text
(1) Kejadian yang menarik menjadi berita: ringkasan
kejadian/peristiwa/kegiatan
(2) Uraian kejadian/peristiwa/ kegiatan secara rinci,
pihak yang terlibat atau terkait, waktu, tempat, dsb.
(3) Penyebutan sumber berita: komentar, pernyataan,
pendapat dari pihak terlibat/terkait, saksi, pihak berwenang, ahli, dsb.,
tentang yang diberitakan
Unsur kebahasaan
(1) Kata dan ungkapan yang menarik perhatian tentang isi berita pada judul (headline)
(2) Penghilangan kata-kata fungsional atau gramatikal (the, a, kata kerja
bantu, dll.)
(3) Kalimat langsung dengan kutipan, dan kalimat tidak langsung.
(4) Kalimat pasif
(5) Adverbial dan frasa preposisional tentang waktu, tempat, cara, dll.
(6) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(7) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Kejadian, peristiwa,
kegiatan yang menarik dan layak menjadi berita
|
Mengamati
· Siswa menonton/membaca / mendengarkan/
membacakan
berbagai macam teks berita sederhana dari koran, radio, dan TV.
· Siswa belajar membaca cepat
untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada
tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai teks
berita (news item)yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
· Siswa mempertanyakan
cara menemukangagasan utama, informasi
tertentu dan informasi rinci dalam teks
berita.
Mengeksplorasi
· Siswa mendengarkan berbagai berita TV/radio atau membaca berbagai berita
koran
· Siswa menggunakan strategi
membaca cepat dalam membaca berita
· Siswa membacakan teks berita kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
· Siswa secara berkelompok membahas teks berita untuk menemukan berbagai
informasi
Mengasosiasi
·
Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalis fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang
dibaca/didengarkan/ditonton..
·
Siswa membahas pemilihan kata dan
tata bahasa yang digunakan dalam teks berita
·
Siswa mengelola balikan (feedback) dari guru dan teman
tentang hasil analis tentang fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan
dalam kerja kelompok untuk memperbaiki tindakan
·
Siswa membuat klipping dengan menyalin berita Koran
Mengkomunikasikan
·
Siswa mempresentasikan hasil klipping kepada teman dan
guru
·
Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria
Penilaian:
- Tingkat ketercapaian
fungsi sosial penggunaan teks
- Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks
- Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
- Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
·
Melakukan monolog
berupa teks berita di depan kelas
/
berpasangan
·
Membacakan
berita
·
Ketepatan
menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam membuat teks berita
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan.
Sasaran penilaian:
·
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan, membacakan, dan menulis teks berita
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan
kemajuan belajar siswa dalam melakukan monolog dan
penyusunan teks tulis berita
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman monolog dan
naskah berita
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks berita berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian
lainnya
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau
bentuk penilaian
lain
|
6 x 2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
Koran Jakarta
Post
www.thejakartapost.com
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonaldengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.9.
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan
tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.14. Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti
perintah/saran, dengan memperhatikan fungsisosial, struktu rteks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang pengandaian diikuti
perintah/saran
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti
perintah/saran untuk menyarankan dan
memerintah.
Struktur teks
If you want to pass the exam, why don’t you study hard?
If you want to be
a
chef,
join cooking academy. If you want to make your cake look gorgeous, put some
cherry on it.
Unsur kebahasaan
Kallimat imperative diawali If.. ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pengandaian diikuti
perintah/saran, dalam berbagai konteks.
· Siswa mengikuti interaksi tentang pengandaian
diikuti perintah/saran selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti
perintah/saran
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat
yang menyatakan dan menanyakan pengandaian
diikuti perintah/saran (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan pengandaian diikuti perintah/saran yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.
Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti
perintah/saran dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
b.
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti
perintah/saran dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan pengandaian
diikuti perintah/saran yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara ungkapan pengandaian
diikuti perintah/saran dalam bahasa Inggris dengan ungkapan pengandaian diikuti
perintah/saran dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian
diikuti perintah/saran dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
menyatakan dan menanyakan pengandaian
diikuti perintah/saran dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial pengandaian diikuti
perintah/saran
- Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks pengandaian
diikuti perintah/saran
- Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pengandaian
diikuti perintah/saran
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
ungkapan berisi pengandaian diikuti perintah/saran
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan.
Sasaran penilaian:
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan dan menanyakan pengandaian diikuti
perintah/saran
·
Perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, dalam melaksanakan komunikasi
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.11.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15. Menangkap makna dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep
|
Teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep
Fungsi
sosial
Menguraikan cara membuat makanan langkah demi langkah
dalam resep untuk mencapai hasil terbaik secara efisien, menghindari
kecelakaan, kerusakan, dan pemborosan.
Struktur teks
(1)
Tujuan
(2)
Bahan (tidak selalu harus ada)
(3)
Langkah-langkah secara berurut)
Unsur
kebahasaan
(1)
Uraian tindakan dalam Simple Present tense, biasanya
dalam bentuk kalimat imperatif
(2)
Ukuran/takaran
(3)
Adverbia penghubung langkah
(4)
Adverbia dan frasa preposisional untuk cara
(5)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(6)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan.
Topik
Cara membuat kue, lauk, penganan, dsb., dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku efisien, ramah lingkungan, dan
tanggung jawab.
Multimedia
Foto, gambar, yang membuat tampilan teks lebih menarik
|
Mengamati
· Siswa membaca/membacakan/
menonton/
mendengarkan berbagai macam resep.
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks
prosedur yang dibaca/dibacakan/ditonton/didengarkan
· Siswa belajar membaca
intensif untuk menemukan informasi
rinci dan nentukan jedah yang tepat untuk membaca bermakna
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai teks
prosedur berbentuk resep yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
· Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan dari teks prosedur,
Mengeksplorasi
· Siswa membacakan resep kepada
teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
· Secara individu siswa menyalin resep
favoritnya
· Siswa secara berpasangan memberikan penilaian terhadap resep yang ditulis
pasangannya
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan beberapa resep makan dan
mengelompokan kata-kata yang digunakan
·
Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas tentang
masalah yang dihadapi pada saat membaca, mendengarkan, dan menulis teks resep dengan fokus pada
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang
disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa mempublikasikan resep yang dibuat pada mading
kelas.
·
Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria
Penilaian:
- Tingkat ketercapaian
fungsi sosial penggunaan teks
- Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks
- Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
- Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
· Membacakan resep (monolog)
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
membacakan resep
Pengamatan (observations): Bukan penilaian formal
seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
· Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai,
· Ketepatan dan kesesuaian
dalam menyampaikan, membacakan, dan menyalin teks prosedur berbentuk resep
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan catatan
kemajuan belajar siswa dalam melakukan monolog atau
membacakan resep
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman monolog
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian
lainnya
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau
bentuk penilaian
lain
|
4 x 2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
Buku resep
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.12.Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16. Menangkap pesan
dalam lagu.
|
Lagu
Fungsi
sosial
Menghibur, mengungkapkan
perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)
Kata,
ungkapan,
dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang
menginspirasi.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan berbagai lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
· Siswa menirukan penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang
didengar
· Siswa belajar membaca
intensif untuk menemukan informasi
rinci dan nentukan jedah yang tepat untuk membaca bermakna
Mempertanyakan
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing
untuk mempertanyakan pesan pada lagu
yang didengar atau dibaca.
· Siswa mempertanyakan
cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dalam lagu
Mengeksplorasi
· Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
· Siswa belajar menemukan
informasi rinci dan kesimpulan dari lagu
· Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil tentang pesan yang terdapat dalam
lagu yang dibaca
Mengasosiasi
·
Siswa dalam kelompok menganalisis pesan dari lagu yang
didengar/dibaca
· Siswa membuat beberapa catatan
Mengkomunikasikan
· Siswa menyalin lagu dengan tulisan yang rapi dan menuliskan pesan yang disampaikan dalamnya.
· Siswa melaporkan hal-hal yang dipelajari dari lagu dan kesulitan dalam
menentukan pesan lagu tersebut.
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
penggunaan teks
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations): Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah
-
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta
damai dalam
melaksanakan komunikasi
-
Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan
penyalinan lirik lagu
-
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan
tangan beserta kesan terhadap lagu
·
Kumpulan hasil tes
dan latihan.
·
Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara penilaian
lainnya
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau
bentuk penilaian
lain
|
2 x 2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
|
|
0 comments:
Post a Comment