SILABUS
SMA/MA
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS-WAJIB
Kelas : XI
Kompetensi
Inti :
KI
1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi
saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya
Fungsi Sosial
· Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
· Terbiasa
menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran dan meresponnya
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why don’t you…
What about …?
You should …
You can ….
Do you need ….?
Unsur kebahasaan
(1)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan
proaktif
|
Mengamati
·
Siswa menyimak/
mendengarkan ungkapan memberi
saran dan tawaran dan responnya dengan (ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan) yang
tepat, serta sikap santun dan peduli.
·
Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan
ungkapan yang digunakan.
·
Siswa belajar mengambil giliran dalam
melakukan tindak komunikasi
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
-
Fungsi sosial
-
Ungkapan yang
digunakan untuk memberi saran dan tawaran
-
Penggunaan
unsur kebahasaan dari tindakan komunikatif memberi saran dan tawaran dan responnya.
Mengeksplorasi
· Siswa secara mandiri mencari pengetahuan tambahan
tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan memberi dan
dan tawaran dan meresponnya
· Siswa berlatih
menggunakan ungkapan tersebut
· Siswa berlatih
mengambil giliran dan menggunakan kesantunan
dalam berkomunikasi
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis
ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
· Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan ungkapan memberi
saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan berbagai
ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan
teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
·
Siswa
membandingkan cara mengambil giliran dan merespon dengan yang diperoleh dari
sumber lain
Mengkomunikasikan
·
Siswa bermain peran memberi
saran dan tawaran serta responnya
·
Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan memberi saran dan tawaran dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas,dalam
bentuk percakapan/simulasi dengan
memperhatikanfungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi yang
benar dan sesuai dengan konteks.
·
Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi sosial memberi saran dan
tawaran dan responnya
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur
teks memberi
saran dan tawaran dan responnya
· Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi saran dan tawaran dan responnya .
· Ketepatan menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam memberi saran dan tawaran serta responnya
Pengamatan
(observations):
·
Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran dan responnya ketika
muncul kesempatan.
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2jp
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International
2.2.
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan pendapat
dan pikiran serta
responnya
Fungsi Sosial
·
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman, dan orang lain
Ungkapan
menyatakan
pendapat/pikiran
I think …
I
suppose...
In my
opinion …
Unsur Kebahasaan
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
·
Siswa mengikuti
interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
·
Siswa menirukan
model interaksi menyatakan
pendapat dan pikiran
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan
pendapat dan pikiran (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan
berbagai ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan pendapat dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran yang
telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·
Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
·
Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
· Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan
tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
· Ketepatan menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan
pendapat dan pikiran serta responnya
Pengamatan
(observations):
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan pendapat atau pikiran ketika muncul kesempatan.
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
·
Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
|
2
x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International
2.1.Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.3
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan
doa
bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan harapan dan doa serta
responnya
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan:
harapan
dan doa
-
I hope …
-
I
wish you all the best. Thank you.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan
kata, intonasi
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan/menonton interaksi ungkapan harapan dan doa
·
Siswa mengikuti
interaksi harapan dan doa
·
Siswa menirukan
model interaksi harapan dan doa
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi harapan
dan doa. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan harapan dan doa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan harapan dan doa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan harapan dan doa yang telah
dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·
Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyatakan harapan dan doa dalam bahasa Inggris,
di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa menuliskan permasalahan penggunaan ungkapan
harapan dan doa dalam bahasa
Inggris dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan harapan dan doa
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur
teks ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan
tentang ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan harapan dan doa serta responnya.
Pengamatan
(observations):
·
Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan harapan dan doa ketika muncul kesempatan.
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkankan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.4 Menangkap
makna teks undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk undangan resmi
sederhana
Fungsi
Sosial
Menjagahubungan
transaksional dengan orang lain
Struktur
Salutation
- Will/ Couid you
come with me to the exhibition?
- Is it possible for you to attend my birthday partyr?
Closing
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata dan tata
bahasa baku
(2)
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)
Layout
(5) Rujukan kata
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara
resmi dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
·
Siswa
membacakan contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi,
tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Siswa
menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar
menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan;
struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.
·
Siswa
memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dalam mengundang secara resmi.
Mengeksplorasi
·
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain dari berbagai sumber
·
Siswa
Mengasosiasi
·
Siswa
menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
·
Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan yang
mereka temukan dari sumber lain.
·
Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok
Mengkomunikasikan
·
Siswa
melengkapi teks undangan resmi dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
· Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi
·
Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
·
Dengan
menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan
· Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian:
Unjuk kerja
·
Melakukan role-play
(bermain peran) mengundang
secara resmi
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan undangan secara resmi
Pengamatan (observations
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis
teks berisi undangan resmi
·
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam
membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog.
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan teks undangan
resmi berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
3 x 2 JP
|
·
Berbagai
undangan dalam bahasa Inggris
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkankan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.7 Menangkap
makna teks surat pribadi.
4.8 Menyusun
teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Surat pribadi sederhana
Fungsi Sosial
Menjalin
hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman
secara tertulis
Memberi informasi
kepada teman
Struktur
Date
Salutation: Dear ....
Opening paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan
sekarang dan apa yang sedang dilakukan
Content: Mengabarkan hal yang sudah/
akan terjadit
Closing: Menutup surat dengan
harapan untuk bertemu kembali
Signature
Unsur kebahasaan:
· Kata dan tata bahasa baku
· Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
· Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
· Rujukan kata
· simple present, simple past, ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi
|
Mengamati
·
Siswa
memperhatikan berbagai surat pribadi yang digunakan guru dari berbagai sumber
(a.l. media massa, internet).
·
Siswa
membacakan contoh-contoh surat pribadi tersebut dengan ucapan, intonasi,
tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Siswa
menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi,
format dan tata letak penulisan.
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan
-
Fungsi
Sosial;
-
Struktur
-
Unsur
kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi.
·
Siswa
mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi
tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat pribadi yang lain
dari berbagai sumber
·
Siswa
berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi
tertentu
·
Siswa
menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi.
Mengasosiasi
·
Siswa
menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci,
efektivitasnya.
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi
Komunikasi
·
Siswa
melengkapi surat pribadi sederhana dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
·
Siswa
berkreasi dalam menuliskan surat pribadi kepada teman/ guru
·
Siswa
memperoleh penguatan dari guru
|
Kriteria penilaian:
· Tingkat ketercapaian
fungsi sosial dalam menyampaikan surat pribadi
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks surat
· Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan
(observasi)
·
Upaya menggunakan Bahasa Inggris dalam menulis surat
pribadi
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi
dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan surat pribadi, berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
|
4
x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Mengembangkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan
kiat-kiat (tips).
4.10 Menyunting teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
teks prosedur berbentuk
manual dan kiat-kiat (tips)
Tujuan
komunikasi :
menyelesaikan pekerjaan, secara lengkap dan urut.
Struktur
menyebutkan bahan/bagian dari benda yang dipaparkan secara
lengkap, serta daftar langkah yang dilakukan
Unsur Kebahasaan
·
simple present tense
·
imperative,
·
Nomor yang menyatakan urutan
·
kata keterangan
·
ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca,
tulisan tangan yang jelas dan rapi.
|
Mengamati
·
Siswa membaca/
membacakan/ mendengarkan berbagai macam manual dan
tip.
·
Siswa mengamati
tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur yang membaca,
membacakan, menonton, dan mendengarkan
Mempertanyakan
·
Dengan
pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan tujuan komunikasi,
struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur
Mengeksplorasi
·
Siswa berlatih
menggunakan kalimat imperative dalam memberikan tip secara lisan dan tulis
·
Siswa
membacakan manual
dan tip kepada teman
dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
· Secara
individu siswa menyalin beberapa tips
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan beberapa manual dan tips
·
Dalam kerja
kelompok terbimbing siswa membahas tentang masalah yang dihadapi pada saat
membaca, mendengarkan, dan menuliskan manual dan tips dengan fokus pada tujuan komunikasi,
struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang
disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa mempresentasikan beberapa tips yang
disalin dari beberapa sumber
· Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria
penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks prosedur
·
Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations) Tujuan untuk memberi
balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks
prosedur berbentuk manual dan tips
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penyuntingan teks prosedur.
·
Kumpulan hasil
tes
dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4 x 2 JP
|
· Manual dari berbagai produk
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya
(Passive
Voice)
Fungsi Sosial
menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya
Struktur Teks
Insects are considered
dangerous animals.
Tsunami is caused by
earthquake affecting the seabed.
Unsur kebahasaan
·
Kata kerja be (is/ am/ are/ was/ were) dan verb 3rd form.
·
tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal
terkait dengan kejadian/ kegiatan/ tindakan ilmiah yang tanpa perlu melibatkan
pelakunya
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat Passive, dalam berbagai konteks.
·
Siswa mengikuti
interaksi tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·
Siswa menirukan
contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan struktur Passive
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
menyatakan dan menanyakan kalimat Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
a.
Siswa bertanya jawab dengan kalimat Passive dalam
bahasa Inggris dalam konteks simulasi
dan kegiatan lain yang terstruktur.
b.
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan dalam bentuk
passive dalam bahasa Inggris dalam
proses pembelajaran.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan kalimat passive yang
telah dipelajari dengan kalimat aktive.
·
Siswa
membandingkan antara kalimat passive dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu
atau bahasa Indonesia.
Komunikasi
·
Siswa bertanya
jawab dengan kalimat passive dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
·
Siswa berkreasi
dengan tulisan ilmiah mereka dengan kalimat passive
·
Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan kalimat passive dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
·
Perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk passive
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan
Portofolio
·
Kumpulan karya
siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
·
Kumpulan hasil
tes
dan latihan.
·
Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
|
3 x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Mengembangkanperilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.8 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu
yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Conditional Sentence
Fungsi Sosial
Menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang
Struktur Teks
- If teenagers eat too much fast food, they can easily become overweight.
-
If you excercise regularly,
you will get the benefit physically and
mentally
Unsur Kebahasaan
-
If Clauses
dalam simple present
-
Main Clause
dengan modals can/ will
Topik:
Berbagai
hal terkait dengan mengandaikan keadaan/ kejadian/ peristiwa diwaktu yang
akan datang
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat pengandaian, dalam berbagai konteks.
·
Siswa mengikuti
interaksi tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang selama
proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·
Siswa menirukan
contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
menyatakan dan menanyakan pengandaian (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai pengandaian yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
· Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
· Siswa berusaha menyatakan dan menanyakantentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/
peristiwa di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris selama proses
pembelajaran.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan ungkapan pengandaian yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan
lainnya.
·
Siswa
membandingkan antara ungkapan pengandaian dalam bahasa Inggris dengan
ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
·
Siswa berkreasi
dengan imajinasi mereka dalam teks pengandaian
·
Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan pengandaian dalam bahasa Inggris
untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk pengandaian/ If
clause
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan
Portofolio
·
Kumpulan karya
siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
·
Kumpulan hasil
tes
dan latihan.
·
Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya.
|
2 x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.9 Menganalisis struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah
faktual (factual report ) dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah
faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI
4.13 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XI.
|
Teks ilmiah faktual (factual report) lisan
dan tulis sederhana tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,
Fungsi sosial
-
Mengamati alam
-
Menulis paparan ilmiah mengenai benda,binatang dan
gejal/ peristiwa alam
Struktur
- Klasifikasi Umum tentang binatang/ benda yang ditulis,
e.g.
Slow loris is a mammal. It is found in ... It
is a nocturnal animal. It is very small with ....
- Penggambaran mengenai bagian,
sifat dan tingkah lakunya
Unsur kebahasaan
-
Simple Present
-
Kata kerja yang
menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam
-
Kata sifat
-
Berbagai kata
benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
-
ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
-
Rujukan kata
|
Mengamati
·
Siswa menyimak
berbagai contoh/ film ilmiah pendek yang disediakan
·
Siswa mengamati
fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks ilmiah faktual
·
Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi
rinci dan informasi tertentu
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing
untuk mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang digunakan
dalam paparan tersebut.
·
Siswa
mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks faktual report.
Mengeksplorasi
Siswa mendengarkan/ membaca/membacakan
teks ilmiah faktual dengan membandingkan
berbagai teks report dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
Mengasosiasi
· Dalam kerja
kelompok terbimbing siswa menganalisis struktur dan unsur bahasa yang ada
dalam beberapa teks report.
· Siswa
mengelompokkan struktur, fungsi sosial dan unsur kebahasaan teks berdasarkan
penggunaannya.
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analis tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok
Komunikasi
·
Siswa menyalin teks report yang didapatkannya tentang benda, binatang dan gejala alam atau
peristiwa lain yang terkait dengan mata pelajaran lain dan membacakannya di kelas
·
Siswa menyampaikan
laporan berupa catatan (note taking)
dari hasil membaca beberapa teks ilmiah faktual.
·
Membuat learning journal dalam pembelajaran ini.
· Pada saat yang sama, antar siswa melakukan penilaian
sejawat, tentang teks report yang dihasilkan
|
Kriteria
penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks ilmiah faktual
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
·
Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks ilmiah faktual
· Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi
dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
·
Kumpulan hasil
tes
dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4 x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat
dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14 Menangkap makna dalam teks eksposisi
analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum
|
Teks eksposisi analitis
Fungsi Sosial
Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat
dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a.
Menyebutkan
pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b.
Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut
beserta ilustrasi sebagai pendukung
c.
Diakhiri dengan
kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
- Kalimat Simple Present
- Conditional Clauses
- Modals
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis yang diberikan/ diperdengarkan guru
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya
· Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci
dan informasi tertentu dari teks eksposisi analitis
Mempertanyakan
(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai teks
eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari beberapa text eksposisi analitis dari
berbagai sumber.
·
Siswa berlatih
menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·
Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi
analitis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
dengan runtut
· Siswa membacakan
teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
·
Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks eksposisi dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
membuat laporan berupa catatan hasil membaca dan mendengarkan
·
Berkelompok, siswa bertukar cerita tentang teks
eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
·
Siswa mempresentasikannya di kelas
·
Membuat laporan
evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam
mencari teks eksposisi selama proses
pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
· Siswa
membuat ‘learning journal’
|
Kriteria
penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks eksposisi
analitis
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian adalah:
·
Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan
menulis teks eksposisi analitis
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
·
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi
dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
·
Kumpulan hasil
tes
dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
|
4 x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh
terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15 Menangkap makna teks biografi pendek dan
sederhana tentang tokoh terkenal
|
Teks biografi pendek
dan sederhana tentang tokoh terkenal
Fungsi
Sosial
Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin,
melaporkan
Struktur
a.
Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b.
Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara
kronologis, dan runtut
c.
Jika perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur Kebahasaan
-
Kata-kata
terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja,
kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
-
Simple,
Continuous, Perfect tense
-
Penyebutan
kata benda
- Modal auxiliary verbs
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks biografi yang diberikan/ diperdengarkan guru secara
santun dan tanggung jawab.
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya
·
Siswa mengamati
keteladanan dari teks biografi yang dipelajari.
·
Siswa belajar
menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
legenda
Mempertanyakan
(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai teks
biografi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia.
·
Siswa
mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari beberapa text biografi dari berbagai sumber.
·
Siswa berlatih
menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
· Siswa melengkapi
rumpang dari beeberapa teks biografi sederhana
·
Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks biografi
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan
runtut
· Siswa membacakan
teksbiografit kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
·
Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks biografi dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menceritakan kembali teks biografi sederhana
tentang keteladanan dari tokoh
terkenal dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·
Siswa membuat kliping
teks biografi dengan menyalin
dan beberapa sumber.
·
Membuat laporan
evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam
mencari teks biografi selama proses pembelajaran di
dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
·
Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria
penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian format
penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Sasaran penilaian adalah:
·
Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan
menulis teks biografi
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
·
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi
dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
·
Kumpulan hasil
tes
dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain.
|
4 x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanaka n komunikasi fungsional
3.12 Menyebutkan fungsi sosial dan kebahassaan dalam lagu
4.16 Menangkap pesan dalam lagu
|
Lagu
Fungsi sosial
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
·
Kata, ungkapan, dan tata
bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
·
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan lagu yang diperdengarkan
· Siswa menirukan model secara terbimbing.
· Siswa
mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu
tersebut
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan pertanyaan
pengarah dari guru, siswa terpancing
untuk mempertanyakan pesan yang disampaikan dari lagu
·
Siswa
mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu
tersebut
Mengeksplorasi
·
Siswa melengkapi rumpang pada lagu tersebut dengan
ungkapan yang benar sesuai dengan model yang dipelajari
·
Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan
tekanan kata yang tepat
·
Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
Mengasosiasi
·
Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat
dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
·
Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema
perdamaian dengan menyalin
·
Siswa
mengaitkan syair lagu dengan ungkapan yang sudah dipelajari
Mengkomunikasikan
·
Siswa mendemonstrasikan kemahiran mereka
menyanyikan lagu tersebut dengan pengucapan dan tekanan kata yang benar.
·
Siswa melaporkan
kumpulan lagu yang sudah dianalis pesan di dalam lugu-lagu tersebut
·
Antar siswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu
yang dibuat.
|
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
· kesantunan saat melakukan tindakan
· Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta
damai
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
· Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan
penyalinan lirik lagu
Portofolio
· Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang
disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
· kumpulan hasil tes dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan
· penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
|
2 x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/Majalah
berbahasa Inggris
·
Buku lagu
bahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
How do you make money off of sports betting?
ReplyDeleteYou might be wondering: What is the best place to make money from sports betting? Find out the answers below! Bet on งานออนไลน์ football matches with the